-->

5 Pemain NBL bakalan absen di Seri III

Lima Pemain SM Terancam Absen di Seri III
Stadium Jakarta Fokus ke Defense
Satria Muda (SM) Britama Jakarta terancam tidak turun dengan kekuatan penuh pada seri III Speedy NBL Indonesia yang berlangsung 16-24 Februari di Malang, Jawa Timur. Sebab, sejumlah pemain utama tim asuhan Octaviarro Romely Tamtelahitu tersebut tidak fit.

Mereka adalah point guard Firdaus Julius Achmad, shooting guard Bonanza Siregar, shooting guard Vamiga Michel, power forward Galank Gunawan, dan shooting guard Arki Dikania Wisnu. Lima pemain tersebut tidak fit dengan berbagai penyebab.

Kecuali Galank yang mengeluh sakit di pergelangan kaki, empat pemain mengeluhkan kondisi badan. "Vamiga mengalami panas tinggi. Badannya lemas," kata Ocky, panggilan akrab Octaviarro.

Padahal, kontribusi para pemain tersebut kepada tim tidak bisa dianggap remeh. Terutama Arki yang pada seri II Jakarta menunjukkan peran sentral. Hanya dalam dua pertandingan, pemain kelahiran New York, Amerika Serikat, itu sudah membukukan 35 poin.

Namun, Ocky optimistis mereka bisa dimainkan di seri III di Malang meski tidak seratus persen. Karena itu, dia akan menyiasatinya dengan mengutak-atik minutes play para pemain.

"Kondisi pemain tetap diutamakan. Sebelum pertandingan, akan kami lihat kondisi terakhir mereka. Mungkin mereka tetap diturunkan, tapi tidak full. Kami akan memaksimalkan pemain yang ada untuk merotasi beberapa pemain," katanya.

Ocky mengatakan, catatan uji coba SM menjelang seri III cukup gemilang. Mereka mengalahkan NSH GMC Riau dan Garuda Kukar Bandung. Dalam pertandingan tersebut beberapa pemain tidak diturunkan untuk recovery. "Saat uji coba melawan Garuda, Galank dan Arki tidak main untuk jaga kondisi," katanya.

Di bagian lain, Stadium Jakarta juga terus mempersiapkan diri. Tim asuhan Abdurrachman Padang itu saat ini memfokuskan persiapan pada defense. Dalam uji coba melawan Dell Aspac Jakarta Selasa (12/2) malam, kurangnya konsentrasi membuat mereka dilibas 57-63 oleh tim asuhan Rastafari Horongbala itu.

"Di kuarter satu dan dua para pemain seperti tidak bersemangat. Baru di kuarter tiga dan empat kami mulai berani. Padahal, kalau kami serius, Aspac juga keteteran seperti saat kami full court defense," kata asisten pelatih Stadium Yoesron Fadlillah. (aga/c2/ttg)

---

Track Record Lima Pemain SM yang Terancam Absen (Selama Musim 2012 - 2013)

Field Goal 3-Point Free Throw Poin

Firdaus Julius Achmad 38 persen 32 persen 70 persen 56
Vamiga Michel 40,9 persen 44,4 persen 62,1 persen 103
Galank Gunawan 38 persen - 36,3 persen 50
Arki Dikania Wisnu 64,7 persen 40 persen 73,3 persen 35
Bonanza Siregar 32,9 persen 28,8 persen 57,1 persen 85

Click to comment