-->

Kelebihan dan Kelemahan Windows 8

Inilah tentangan Windows 8 dan berisi juga Kelebihan dan Kelemahan nya .:)

 




Windows 8 Pada tanggal 26 Oktober 2012, Microsoft merilis versi terbaru sistem operasi andalan mereka, Windows. Generasi terbaru OS paling terkenal sejagat raya ini diberi nama Windows 8. Banyak kalangan menganggap bahwa adik kandung Windows 7 ini merupakan versi Windows yang paling revolusioner setelah Windows 95. Terlepas dari benar tidaknya pendapat tadi, dalam tulisan ini, saya akan mendedikasikan beberapa paragraf untuk memberikan beberapa info penting terkait Windows 8 yang layak untuk disimak oleh para pembaca setia situs kita tercinta ini. Selamat membaca.
1. User interface

Bahasa desain untuk antarmuka Windows 8, yang sering diistilahkan dengan sebutan "Metro", adalah faktor utama yang membuat versi terbaru dari Microsoft Windows ini terasa begitu berbeda. Sebelum Windows 8, para pengguna Windows selalu disuguhi taskbar dan start button yang itu-itu saja. Dari segi tampilan, antarmuka MS Windows dari versi ke versi memang tampak selalu berbeda - XP didominasi warna biru sementara Vista lebih ke hitam, namun kembali lagi ke biru dengan Windows 7 - meskipun dari segi esensi tetaplah sama. Di Windows 8, taskbar dan start button memang tidaklah mutlak dilenyapkan. Microsoft memberikan kebebasan bagi para pengguna Windows 8 untuk memilih apakah hendak mengaktifkan kedua elemen tersebut ataukah tidak. Jadi saat pengguna ingin memfungsikan perangkatnya sebagai sebuah tablet PC laiknya iPad alih-alih sebagai desktop PC, mereka bisa menonaktifkan start menu dan taskbar. Tapi saat pengguna merasa lebih nyaman dengan elemen-elemen desain klasik, mereka pun bisa menampilkannya kembali. So sweet .... isn't? This is what people said as a "hybrid OS".
2. Varian Windows 8
Sama seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hadir dalam beberapa varian, Windows 8 juga dirilis dalam beberapa varian pilihan; Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise, dan Windows RT. Dari keempat varian Windows 8 ini, tiga yang disebut di awal mungkin Anda sudah lumayan familiar, tapi untuk yang terakhir mungkin perlu penjelasan sedikit. Meskipun sama-sama mengusung bahasa antarmuka Metro, namun Windows RT tidaklah sama persis dengan ketiga varian Windows 8 lainnya. Menurut informasi dari halaman resmi Microsoft, Windows RT adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft secara khusus untuk beroperasi di atas arsitektur prosesor ARM yang acap dijumpai di tablet PC. Sebagai konsekuensinya, para pengguna tidak akan bisa menginstal aplikasi-aplikasi desktop berekstensi .exe untuk Windows di platform ini. Windows RT yang digadang-gadang mampu menghemat baterai perangkat keras ini bisa dianalogkan dengan Android milik Google atau iOS milik Apple yang biasanya sudah menjadi sistem operasi bawaan di tablet PC yang menggunakannya.
3. RAM minimal
Banyak orang yang mengira bahwa Windows 8 akan menghisap lebih banyak alokasi memori ketimbang versi-versi Windows sebelumnya. Saya sendiri termasuk di dalamnya. Tapi untunglah, berdasarkan laman resmi Microsoft serta pengujian yang dilakukan secara independen oleh beberapa situs terkemuka menunjukkan bahwa Windows 8 ternyata lebih baik dalam penggunaan memori komputer. Singkat kata, kalau hanya dengan 1 GB DDRAM saja Windows 8 sudah bisa mulus larinya, lalu apalagi kalau pengguna mau menyediakan 4 GB DDRAM untuk komputernya. Wah, bakal tambah leluasa bereksplorasi dengan banyak aplikasi nih.
4. Cara upgrade
Bagi para pengguna setia Windows di Indonesia yang tertarik untuk menggunakan Windows 8, Anda bisa melakukan proses upgrade melalui http://www.windows.com/buy sejak tanggal 26 Oktober 2012. Microsoft membanderol Windows 8 Pro dengan harga $39,99 per satu kali upgrade. Tapi bagi para pengguna Windows yang membeli PC pada interval 2 Juni 2012 - 31 Januari 2013, Microsoft akan melepas varian yang sama dengan harga yang sangat terjangkau, yakni $14,99 melalui http://www.windowsupgradeoffer.com/.
5. Windows 8 versi retail
Sampai saat tulisan ini diterbitkan, penulis menemukan bahwa Windows 8 Pro sudah bisa dibeli dalam bentuk DVD di bhinneka.com seharga Rp 688.000,00. Setelah ditelusuri, ternyata harga ini hanya akan berlaku sampai 31 Januari 2013. Lewat dari tanggal tersebut, Microsoft kemungkinan besar akan menaikkan harga retail Windows 8 menjadi $200 atau sekitar 1,5 - 1,9 jutaan rupiah.
6. Perangkat dengan Windows 8 inside
Halaman press release resmi dari Microsoft belum menyebut-nyebut Indonesia sebagai negara penyedia perangkat-perangkat berbasis Windows 8. Amerika Serikat, China, Mexico, Canada, Perancis, Inggris, dan Jepang adalah beberapa negara yang sudah menyediakan tablet PC, All in one, atau laptop yang berisikan Windows 8. Sementara Indonesia sendiri, sama dengan hasil penelusuran saya di atas. Bahkan situs jual-beli komputer terkemuka di Indonesia, bhinneka.com pun belum memperlihatkan adanya produk-produk yang sudah siap dibeli dengan label "Windows 8 inside".

Sebelum mengunakan Sistem Operasi yang satu ini, ada baik nya sobat memahami segala kekurangan dan kelebihan Sistem Operasi Windows 8 terbaru ini, berikut saya akan membahasas sedikit Kelebihan dan kekurangan Windows 8 ini.

Kelebihan Dan Kelemahan Windows 8


Kelebihan :

1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

4. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

5. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

Kelemahan :
Kelebihan Dan Kelemahan Windows 8


1. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI.
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

3. Sulit berpindah antar screen.
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Sebagai gantinya, di Windows 8 Metro UI kita tidak bisa menggunakan pointer atau finder untuk meletakkan screen di sisi kiri dan melakukan drag. Kedengarannya sangat sepele, tapi masalah akan muncul saat kita bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi.

4. Metro multitasking.
Jika sobat menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

5. Metro.
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

6. konten Flash di Tablet PC.
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

Semoga bermanfaat Info tentang Windows 8.Terima Kasih

3 komentar

avatar

wah tQ mas bos atas infonya

avatar

windows 8 juga bnyk tidak support untk aplikasi speti c++ program.

avatar

sy msh nyaman pake windows xp

Click to comment